Recent Post

1 Cara Membagi Partisi Hardisk yang Masih Kosong


Nah, pada kondisi pertama ini mungkin agak mudah membagi partisinya. Selain kondisi hardisk yang masih kosong, sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan data, kita juga bisa menentukan berapa kapasitas yang akan dibagi untuk masing-masing partisi.
Misalnya, saya punya hardisk 500GB, yasudah mudah saja membaginya. Karena kemungkinan besar tidak akan banyak software yang saya install, saya akan gunakan 100GB Untuk system (Partisi C) dan sisanya bisa saya gunakan untuk penyimpanan data-data biasa (Bisa dalam satu partisi ataupun dibagi menjadi dua partisi , D:\ dan E:\). Namun, jika kamu merasa membutuhkan banyak space untuk drive C:\ (karena kebutuhan software-nya sangat besar) kamu bisa sesuaikan, mungkin butuh 150GB atau 200GB atau bisa lebih besar lagi untuk dialokasikan ke drive C. Sekali lagi, ini masalah kebutuhan.
Berikut cara membagi partisi hardisk jika kondisinya masih kosong, belum terisi sama sekali (hardisk baru). Pada contoh berikut, saya menggunakan hardisk dengan kapasitas 40GB. Jadi, saya membaginya 30GB untuk drive C:\ dan sisanya 10GB untuk drive D:\ . Jadi, kalau kapasitas hardisk juga memang kecil, kita harus bisa menyesuaikan.
Langsung saja, begini cara membaginya. Kita pilh hardsik-nya, lalu klik tombol new.

Kemudian isi berapa kapasitas yang ingin dimasukan (yang pertama ini untuk drive C:\, sebagai contoh saya beri 30000MB). Setelah itu klik Apply.

Jika muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini, klik saja OK.

Oke, partisi pertama (drive C:\) sudah jadi, dan secara otomatis akan ada tambahan pembagian secara otomatis yang dialokasikan untuk system reserved.
Kemudian kita buat lagi partisi yang kedua. Caranya sama seperti yang pertama, klik dahulu Disk yang masih ber-label Unallocated. Kemudian klik tombol New, dan seterusnya seperti cara pertama.


Proses pembagian partisi selesai. Sekarang kita bisa melanjutnya proses instalasi windows dengan klik tombol Next. Jika kamu mempunyai space yang besar, dan merasa ingin membagi 3 atau 4 partisi, silahkan disesuaikan.
________________________________sumber_________________________________

0 Response to "1 Cara Membagi Partisi Hardisk yang Masih Kosong"

Post a Comment

Recent

Sponsor Advertise